Rabu, 03 Oktober 2012

TIPS MERAWAT GIGI BAYI SEHAT

Ada beberapa tips yang bisa bunda lakukan untuk merawat gigi bayi agar tetap sehat dan terawat. Bisa langsung saja dijabarkan : 
  • Bersihkan rongga mulut baby sesudah makan atau menyusui dan sebelum tidur.
  • Hindari bayi atau si kecil makan makanan manis misalnya coklat atau permen.
  • Berikan bayi makanan bergizi seperti sayuran dan buah-buahan.
  • Rajin mengunjungi dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Bayi yang sudah berusia 6 bulan sudah dapat melakukan pemeriksaan gigi ke dokter guna memeriksa keseluruhan pertumbuhan dan perkembangan rahang dan rongga mulut.

Bayi belum tumbuh gigi: gunakan kain kasa yang lalu balutkan ke jari telunjuk bunda. Celupkan air matang hangat, buka mulut bayi lalu bersihkan lidah dan gusi si kecil secara perlahan dan lembut.

Bayi sudah tumbuh gigi: Gunakan sikat gigi khusus bayi, yang dimasukkan ke jari tangan ibu. Bersihkan seluruh permukaan gigi, dalam dan luar berikut sela-sela giginya. Setelah bersih, lap mulut dan bibir dengan kain basah. Arah membersihkan bisa vertikal (atas bawah) atau horizontal (depan belakang)

Sebaiknya penggunaan pasta gigi diberikan sebelum anak berusia 3 tahun, atau sebelum bisa berkumur sendiri, Dikhawatirkan bisa tertelan.
Bersihkan gigi setelah makan dan sebelum tidur. Membersihkan gigi setelah makan akan mengangkat sisa kotoran yang menempel di gigi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar