Jumat, 08 Juni 2012

10 kondisi bayi yang bisa bikin panik



 
 
Halo moms dan bunda ,cukup lama ya saya ga nulis artikel ,maaf ya mgkn karena kesibukan dalam minggu-minggu ini baru sempat buka blog hehhehehe....
Tapi tenang moms bund :-) ,kali ini saya akan mengulas tentang kepanikan new mom khususnya kalau baby sedang tdk dalam tahap normal nya atau bisa dibilang tidak dalam kondisi biasanya.Teristimewa buat newmom yg belum pernah melahirkan :-)
Langsung aja simak artikel berikut ini ya ....


Kondisi-kondisinya antara lain : 
  1. Bayi menangis terus - menerus : Jangan langsung panik dl moms karena ada banyak faktor kenapa bayi menangis terus - menerus misalnya : ia lapar,haus,pipis,pub,atau merasa tidak nyaman (bisa saja kegerahan,kepanasan,kedinginan,baju yg ketebalan/keberatan,baju yg tdk ngisap keringat dll),bisa juga karena kesakitan misalnya saja ada semut atau binatang kecil yg menggigitnya,kalau udh begini langsung di cek baju dan celananya ,sebaiknya diganti dengan yg baru,atau bisa juga keringat buntet /keringat kecil2 dan gatal bisa diolesin sama bedak khusus anti gatal.Setelah semua sudah dilakukan coba baby langsung disusui,digendong dan diayun lembut biar dia tenang.Namun apabila hal ini sudah dilakukan dan anak masih tetap menangis kencang segera periksa ke dokter.
  2. Bayi muntah setelah disusui atau diberi Asi: Kondisi ini tdk perlu dikhawatirkan selama muntahannya tidak banyak ,baik selang +/- 2jam maupun sehabis minun Asi .Biasanya bayi akan memuntahkan sedikit Asi (biasa disebut gumoh) setelah disusukan.Ini biasanya bayi mau bersendawa.Untuk membuatnya bersendawa ,gendong bayi dengan posisi tubuhnya menghadap tubuh moms dan sanggah kepala baby pada pundak moms lalu kemudian tepuk2 punggung bayi dengan lembut ,lakukan selama beberapa menit sampai baby bersendawa.
  3. Bayi malas menyusu:Hal ini perlu diwaspadai ,karena bisa jadi adanya infeksi dalam tubuh bayi.Segera bawa ke dokter bila bayi malas menyusu >24jam atau 2 hari.
  4.  Bayi tampak kuning:Kondisi ini masih wajar bila bayi usia 0-28 hari baik yg cukup bulan dilahirkan atau yg prematur.Bayi akan terlihat kuning pada minggu pertama kehidupan.Kuning yg terlihat biasanya dari wajah lalu mulai berkembang ke arah lengan,dada,tungkai sesuai dengan peningkatan kadar bilirubin.Moms dan bunda boleh panik bila kuning sudah terlihat dari sejak lahir hingga 2 minggu atau lebih.Segera bawa ke dokter.
  5. Air seni berwarna kemerahan :Kadang-kadang popok pada baby tampak bercak kemerahan ya ..itu menandakan adanya air seni bercampur darah.tapiiii jangan langsung panik dl ya moms ,bunda ,itu bisa disebabkan oleh pigmen empedu atau hormon estrogen dari tubuh ibu yang masih tertinggal di tubuh bayi.Kadan hormon estrogen ini akan menurun pada usia 1-2 minggu sehingga air seni tampak sudah tidak kemerah-merahan lagi.Moms dan bunda boleh panik atau masih berlangsung sudah lebih dari 2 minggu ,segera bawa ke dokter untuk pemeriksaan feses sekitar kemaluan bayi untuk melihat ada trauma atau luka ,dan juga menjalani pemeriksaan urin.
  6. Tinja Berdarah:hal ini terjadi karena darah ibu tertelan saat proses melahirkan dan luka pada puting ibu saat pertama kali menyusui.Kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan jika terjadi selama 1-3 hari.Lebih dari 3 hari segera periksa ke dokter. 
  7. Tali pusat basah,bernanah atau berbau :Seyogianya tali pusat akan lepas dalam waktu 3-10hari pascalahir,dan lukanya akan kering dalam waktu 1 minggu.Selama proses ini tali pusat akan berwarna kecoklatan dan tampak basah.Sebaiknya tetap jaga kebersihan agar tidak infeksi.Bila tali pusat berbau menyengat,atau bernanah segera periksa ke dokter. 
  8. Berat badan bayi terus menurun: Pada minggu pertama kelahiran bayi,berat bayi akan menurun 7-10% karena bayi kehilangan air tubuh melalui proses penguapan di kulit dan melalui proses berkemih.Pada minggu kedua ,biasanya akan naik dan pd usia 14hr berat bayi sudah sama dengan seperti berat waktu lahir.apabila pada minggu kedua  berat badan bayi masih terus menurun segera periksa ke dokter untuk mencari penyebab tidak bertambahnya berat bayi.
  9.  Kulit kering dan terkelupas : Bisa dengan mengoleskan minyak zaitun atau pelembab khusus bayi.Jika bayi berkeringat segera seka keringatnya atau ganti bajunya.Moms boleh panik kalau kulit terkelupas tampak memerah dan melebar sehingga bayi rewel,mungkin saja bayi mengalami dermatitis atau eksim.
  10. Wajah berjerawat atau bintik putih pada wajah bayi :Milia atau jerawat kecil pada bayi ini dipengaruhi hormon ibu yang masih terkandung dalam tubuh bayi.Milia akan hilang dengan sendirinya setelah 3-4 bulan.Bercak putih yg biasa ditemukan setelah bayi berusia 1 bulan akan hilang dengan sendirinya setelang waktu 6-12 bulan. 

Nah,gimana moms dan bunda ga perlu khawatir/panik lagi kan kalo ada diantara kondisi-kondisi diatas dialami sibuah hati :-)
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar