Rabu, 30 Mei 2012

Boleh Minum Air Es







"Anak saya maunya minum air es dari kulkas,kalaupun dilarang suka ngambil sendiri,saya khawatir bisa berdampak buruk bagi kesehatannya,takut batuk,takut kegemukan ,gimana ya ?"ini sepenggal keluhan dari ibu - ibu yang khawatir akan anaknya yg sering minum air es.

Kita bahas ya...

Minum air es langsung dari kulkas bagus ga buat anak-anak?
ini Jawaban dari Dr.Yoga Devaera,SpA dr RSIA Brawijaya

1.Boleh - Boleh Saja
Menurut Dr.Yoga ,kalau tidak mengalami keluhan apapun sebanarnya tidak apa-apa karena tubuh akan menyesuaikan sendiri,kecuali memang pada anak penderita alergi dingin,biasanya setelah minum air es akan timbul gejala pilek dan batuk.Jadi prinsipnya nih,sistem pencernaan akan otomatis menyesuaikan suhu makanan/minuman yg diasupp dengan suhu tubuh.Air es yang bersuhu dingin akan berubah menjadi hangat setelah masuk kedalam pencernaan.

2.Batuk/Pilek Bukan karena Es
Sebaliknya Jika anak mengalami batuk dan pilek ,jangan buru - buru menyimpulkan penyebabnya karena minum es.Pasalnya penyakit tersebut bukan karena suhu air dingin dari air es,melainkan oleh virus,bakteri atau infeksi yang kebetulan meyerang pada saat bersamaan dengan si kecil minum es,apalagi jika pada saat itu tubuh anak sedang tidak vit atau antibodi lemah.

3.Es batu dari air matang
Es batu yang dibuat dari air matang sebenarnya tidak apa-apa diminum si kecil asal terjaga kebersihannya.Yang perlu dijaga dan diawasi oleh orangtua adalah apabila anak jajan minuman air es diluar,karena skrg banyak penjual es yang nakal,yg membuat es batu dari air mentah.Hal ini bisa membahayakan kesehatan.Jika tidak higienis,air yang mengandung bakteri berbahaya seperti Escherichia Coli (E.Coli),Salmonella,dan Vibrio Cholerae dapat menyebabkan diare,panas bahkan typus.Jadi,anak-anak harus diawasi apabila jajan es diluar jangan sembarangan.Untuk mengantisipasi ibu bisa masak es batu dirumah.

4.Es batu menggemukkan?TIDAK!
Es batu atau orang yang minum air es menjadi gemuk salah besar.Yang menyebabkan kegemukan adalah kandungan yang ada dalam air es /minuman dingin,misalnya sirup/es krim dsb.Tapi kalo yang diminum hanya air putih biasa walaupun dingin tidak menyebabkan kegemukan.Oleh sebab itu dari sejak dini,kurangi minuman dan makanan yang manis-manis karena kandungan gulanya dapat membuat anak gendut dan lama-lama obesitas.


Bagaimana bunda dan moms ,udah merasa puas dengan artikel nya dan sudah merasa pertanyaan-pertanyaan yg masih ada dibenak kita sudah terpecahkan ? hehehheee....
bagi yang mau nambahin,masukan sangat dihargai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar