Selasa, 02 Oktober 2012

Batuk Pilek pada anak- anak

Batuk Pilek merupakan penyakit yang sering dijumpai pada usia balita atau batita. Merupakan hal yang wajar 6 - 8 kali dalam setahun atau bisa dikatakan 2 bulan sekali . Menjadi tidak wajar apabila terjadi sebulan sekali atau bahkan 2 kali dalam sebulan. Frekuensi batuk pilek akan menurun seiring bertambahnya usia anak dan pemberian gizi yang baik.

Batuk Pilek merupakan gejala pada saluran napas (respiratorik) , terutama saluran nafas bagian atas. Ada 2 jenis pencetus pilek yaitu karena infeksi dan karena alergi yang akan dibahas satu per satu.

1. Batuk Pilek karena Infeksi 
Penyebabnya karena virus, atau bisa juga karena kuman. Biasanya ditandai dengan demam, rewel dan pegal linu. Dalam hal ini si kecil belum bisa mengungkapkannya secara langsung. Biasanya sembuh dalam 2-3 hari jika diberi asupan gizi yang baik dan istirahat yang cukup. Batuk Pilek hanya bisa cepat disembuhkan bila si kecil mempunyai daya tahan tubuh yang kuat yg akan didapat dari asupan gizi yang baik dan istirahat cukup.


2.Batuk Pilek karena Alergi
Apabila batuk si kecil tidak sembuh dalam kurun lebih dari 3 hari, kemungkinan batuk pileknya disebabkan karena alergi. Penyebabnya reaksi berlebihan pada saluran nafas (hidung/tenggorokan) terhadap pencetus (debu,asap, bulu binatang, makanan/minuman). Ditandai dengan batuk yang berulan dalam rentan waktu pendek. Biasanya waktu penyembuhannya bisa 2 minggu. Sedapat mungkin hindari si kecil dari pencetusnya.


1 komentar:

  1. Batuk pilek pada anak kebanyakan disebabkan oleh virus. Pada dasarnya tidak diperlukan obat sama sekali. Obat yang diberikan tidak akan mempercepat penyembuhannya, tetapi hanya membantu ia merasa lebih nyaman. TTemukan cara terbaik menanggulangi batuk pilek pada anak hanya di Tanyadok.com

    BalasHapus