Selasa, 19 Juni 2012

RADANG TENGGOROKAN PADA BAYI !





Ternyata bukan hanya orang dewasa saja ya ,yg terkena radang tenggorokan,bayi pun bisa terkena.Apa sih ciri-ciri radang tenggorokan ini?penyebab nya apa?serta bagaimana penanggulangannya .
Dalam blog ku hari ini diulas dan diposting buat bunda dan moms yaaa.....


Menurut Dr.Elizabeth Hutapea ,SpA dari Rumah sakit Royal Taruma Jakarta Pusat :
Radang tenggorokan berarti dinding pada tenggorokan terlihat merah dan menebal.Pada rongga mulut berwarna lebih merah,terdapat bintik - bintik putih dan terasa sakit bila menelan makanan.


Penyebab Radang Tenggorokan.

Diakibatkan adanya infeksi virus dan bakteri.
Virusnya antara lain : Adenovirus Coxsackievirus (hand foot mounth disease) dan Epstein Barr Virus (Mononucleosis).Ciri-cirinya : menjadi serak,batuk,bersin serta pedih dan gatal pada tenggorokan.
Radang pada baby bisa lebih banyak gejalanya seperti diare,demam dan kelenjar getah bening pada leher membesar,tidak mau makan karena tidak enak menelan makanan,tenggorokan memerah dan bengkak.
Biasanya radang tenggorokan pada bayi bisa berlangsung 3-4 hari.

Sebenarnya ,yang rentan kena radang tenggorokan adalah anak- anak usia 2 tahun keatas.Bayi akan terkena apabila mengalami kontak langsung dengan sipenderita misalnya pengasuh,kakaknya,adiknya,mamanya atau papanya dsb.Infeksi pada virusnya cepat bisa menular melalui udara dan sentuhan dari si penderita.Selain itu penularan juga dapat terjadi melalui ludah,sentuhan dari tangan ke mulut atau sebaliknya,atau dari pemakaian bersama misalnya alat makan,handuk ,sikat gigi dll.Untuk pengobatannya bisa dengan istirahat yg cukup lebih lama untuk membangun antibody yg berfungsi mematikan virus.

Bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan adalah Sterptococcus yang dapat mengakibatkan berbagai komplikasi penyakit.Gejala radang oleh virus dan bakteri sebenarnya hampir sama ,hanya saja jika selaput amandelnya berubah warna menjadi putih berarti itu disebabkan karena bakteri.Jika tidak segera diobati bisa menyebabkan sakit ginjal,jantung,demam,rematik,bahkan liver.Biasanya si penderita tertular dari oranglain yg menderita radang 2-7 hari sebelumnya.Radang ini ditularkan melalui sekresi hidung atau tenggorokan.Jika tidak segera diobati dengan menggunakan antibiotik yg diresepkan dokter bisa berakibat fatal bagi si penderita.
Jadi ,lebih waspada kalau gejala diatas di derita si kecil.

Pencegahan sebelum terjadi :
1.Berikan air putih setiap kali bayi selesai makan atau minum susu agar mulutnya tetap bersih dari sisa makanan dan minuman.Untuk anak balita,setelah makan biasakan kumur - kumur dan sikat gigi karena radang itu disebabkan oleh mulut kotor .
2.Selama radang hindarkan bayi dari makanan yg bisa memberatkan sakitnya ,misalnya makanan burih yg bisa bikin batuk.
3.Tetap berikan Asi selama bayi terkena radang untuk mencukupi cairannya.
4.Berikan parasetamol bila demam tinggi 
5.Jika dalam 4 hari terlihat tanda ruam di perut,dada,tangan dan kaki segera konsultasikan dengan Dokter.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar