Kamis, 21 Juni 2012

Baby Blues pasca melahirkan



  
Hai moms dan bunda kali ini saya mau posting mengenai Baby Blues yang sering terjadi pasca ibu melahirkan...
Mungkin topik ini banyak juga yang cari sehingga saya merasa ingin ikut berbagi untuk memberi info .
Semoga bermanfaat.


Baby Blues (Baby Blues Syndrome) atau postpartum distress syndrome
Baby Blues adalah gejala stress pasca melahirkan.Umumnya gejala ini berlangsung dalam kurun 14 hari setelah melahirkan.Rentang kejadian nya ada yang cepat ada pula yang sampai mingguan.




Gejala-Gejala Baby Blues

1.Menangis tanpa sebab.
2.Tidak percaya diri akibat bentuk fisik yang berubah
3.Tegang
4.Mudah marah
5.Sulit Tidur
6.Kehilangan nafsu makan
6.Merasa takut akan melukai bayinya
7.Tidak peduli akan diri sendiri
8.dll



Faktor penyebabnya :
1.Faktor Hormonal : Pasca bersalin kadar hormon kortisol (hormon pemicu stres) pada tubuh ibunya akan naik,bersamaan dengan itu hormon laktogen dan prolaktin untuk produksi ASI juga meningkat, berbanding terbalik dengan hormon progesteron sangat rendah.Akibat ketidakseimbangan hormon ini dapat menimbulkan stress atau depresi.
2.Faktor Fisik : Perubahan fisik(bentuk tubuh) juga bisa memicu ibu bayi menderita baby blues.Diantaranya :Payudara mengencang sehingga terasa sakit,perut kendur,berat badan naik,luka sayatan di vagina atau di perut yg masih sakit ,timbulnya pendarahan,keletihan akibat mengasuh bayi (menyusui 2 jam sekali,mengendong bayi,merawat tali pusar dsb)
3.Faktor Psikologis:Diantaranya :Ingin bayi laki-laki tapi yang terlahir perempuan ,bayi terlahir cacat,suami kurang memberikan perhatian dll
4.Sosial : Kondisi dimana ibu mulai menyesuaikan diri dengan peran yang baru.Tugas merawat bayi dan rumah tangga menjadi tumpang tindih membuat ibu jadi bingung,kurang punya waktu untuk bersosialisasi,merasa cuti terlalu lama sehingga bosan dengan rutinitas.

Dampak baby blues buat ibu dan anak 

Apa yang mejadi dampak baby blues buat ibu :
1.Asi menjadi sulit keluar 
2.Demam tinggi
3.Pendarahan yang tidak normal
4.Tidak bisa tidur lelap

Apa yang menjadi dampak buat si baby : 
1.Bayi menjadi cepat rewel dan gelisah
2.Suami merasa tidak diperhatikan oleh istri ,bisa ikut bingung dan stres,akibatnya keharmonisan keluarga jadi terganggu.
3.Bila hal ini dialami pada kelahiran anak kedua ,maka stres yang dialami ibu akan berdampak juga pada anak pada anak pertama.



Mengatasi si Baby Blues 
1.Jangan ragu untuk berbicara dengan oranglain perihal masalah yg dialami pasca melahirkan,bisa pada ibu atau pada teman/sahabat.
2.Meminta bantuan oranglain untuk melakukan perawatan pascamelahirkan misalnya memakaikan kemben ,atau membuat ramuan untuk di minum dll
3.Berbagi tugas dengan suami ,misalnya belanja keperluan baby 
4.Tugas rumahtangga sebaiknya diserahkan kepada oranglain ,misalnya mencuci,setrika,memasak,menyapu dll
5.Berdoa supaya diberi ketenangan dan kekuatan .
6.Apabila baby blues ini berlangsung dalam kurun lebih dari 2 minggu ,gejala depresi semakin berat(mengurung diri ,tidak tertarik dengan dunia luar,menangis sepanjang hari,semakin sering marah) bisa minta bantuan kepada psikolog.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar