Jumat, 25 Mei 2012

Si Kecil suka mengigau?




Hai para bunda dan moms di seluruh Indonesia...apa kbr?sehat - sehat saja kan ya.senang sekali ya rasanya berjumpa walau dalam dunia maya hehehheee....

Langsung aja ya moms ,bun ,saya posting informasi penting yang mungkin sedang dicari2 .
Kali ini membahas tentang kenapa si kecil suka mengingau,dan mungkin timbul dalam benak kita ,wajar ga ya ,penyakit ga ya?...aduhh daripada menerka - nerka yang ga pasti mending kita langsung bahas aja yukk ....


 
Mengingau bukanlah suatu hal yang asing buat manusia ,jangankan anak kecil ,orang dewasa sekalipun masih banyak yang mengigau di malam hari.Bedanya kalau orang dewasa kita mengerti akan bahasanya karena sudah bisa bicara lancar,sedangkan anak kecil ,masih belum lafal dalam pengucapannya sehingga sering buat bunda dan moms kebingungan mengenai apa mimpi anaknya.
Menurut Dr.Rini Sekartini ,SpA (K) mengingau pada anak merupakan salah satu masalah gangguan tidur.Dalam kondisi mengingau,anak sering mengalami nightmare dan teror tidur.
Ada yang bicara,ada yang nangis,menjerit,tertawa,tersenyum sampai berjalan saat tidur (sleeping walking) .Cuma hal ini tidak perlu dikuatirkan selama mengigau itu tidak sering dan terus-terusan terjadi setiap malam.


Banyak faktor yang bisa menyebabkan si kecil mengingau diantaranya: 
  1. Lelah karena banyak aktivitas.Dalam sehari anak - anak bisa dibilang menghabiskan waktunya untuk bermain ,tertawa,bersenda gurau,berlari-larian,kejar-kejaran ,teriak-teriakan dan bahkan pada waktu mau tidur pun masih mengajak untuk bermain.Kelelahan seharian beraktivitas ini bisa menjadi salahsatu faktor si anak suka mengingau .
  2. Faktor Lingkungan.Lingkungan juga sangat berpengaruh misalnya saja dimarahi orangtua,bertengkar dengan teman,habis nonton film hantu dll sehingga kalau tidak segera di tenangkan perasaannya bisa terbawa dalam tidur.Buatlah agar ia tenang kembaliguna menghindari tekanan emosional.
  3. Ada kejadian traumatis.Misalnya : nonton film horor,menonton tayangan pembunuhan,menonton atau menyaksikan tindak kekerasan dll.Hal-hal ini bisa saja tersimpan di memorinya sehingga terbawa dalam tidurnya.
  4. Emosi yang berlebihan.Berupa ungkapan kekesalan dan kegembiraan yg dialami sepanjang hari yang ungkapkan ketika sedang tidur.


Jenis - Jenis Gangguan Tidur
  1.  Sleep Talking : Mengingau yang ditandai dengan bicara ketika tidur .Kata - kata yang diucapkan bisa berupa kata-kata ,atau bisa berupa gumaman.
  2. Sleep Walking : Berjalan sambil tidur .Kalau hal ini dialami anak sebaiknya bersihkan kamar dari barang pecah belah yang bisa melukai dirinya.Masukan sebaiknya batasi barang-barang dalam kamar,agar anak terhindar dari benda-benda yg mungkin bisa membahayakan dirinya.
  3. Nightmare: Hal ini biasanya disertai dengan tangisan,tawa,ketakutan dll.Dalan biasanya hanya terjadi sekali saja.Ini umumnya terjadi pada saat tidur akan berakhir/menjelang pagi.         
  4. Sleep Terror (Teror Tidur):Terjadi pada malam hari yang membuat panik dan umumnya terjadi pada awal tidur.Biasanya disertai dengan menjerit dan berteriak.Anak sering sulit untuk dibangunkan dan memiliki ingatan yg terbatas mengenai isi mimpinya.Umumnya teror tidur pada anak akan membaik selama masa remaja tanpa perlu tata laksana.
  5. Suara gertakan/gemerutuk gigi.

Hal-hal yang dilakukan agar anak terhindar/bebas dari mengingau :
  • Lakukan relaksasi seperti memberi pijatan atau sentuhan ringan pada sikecil menjelang tidur.
  • Minimalkan waktu bermain anak pada siang hari /meminimalkan aktivitas berlebihan.
  • Jangan membiarkan anak melakukan aktivitas fisik menjelang tidur.
  • Pastikan si kecil tidak menonton/menyaksikan tayangan televisi yang menakutkan /mendengar cerita horor.
  • Redam emosi anak ketika setelah anda memarahinya.Hardikan yang keras bisa membuat emosi anak terguncang.
  • Dampingi si kecil menjelang tidur misalnya dengan membaca cerita .Hal ini membuat anak merasa deka dengan anda dan merasa kalau anda selalu ada untuknya.
  • ketika si kecil mengingau,jangan langsung membangunkannya,bisa membuatnya kaget dan shock.sebaiknya dipeluk dan diusap-usap punggungnya dengan lembut.Hal ini akan memberikan rasa aman dan tenang.
  • Mengingau akan hilang dengan sendirinya seiring berjalan nya usia anak.

Nah,sekarang sudah tau jawabannya kan bun ,moms semoga bermanfaat ya.Buat yang mau komentar atau sekedar nambahin infonya boleh ya...diterima dengan senang hati  :-)














Tidak ada komentar:

Poskan Komentar